Tuesday 24 February 2015

09:28

Pantai Menganti Kebumen
Sumber :Indonesiawow.com

Untuk postingan kali ini saya mencoba untuk menulis tentang tempat wisata yang aduhai dan asoy geboy di Kabupaten dimana saya dilahirkan Kabupaten kota beriman Kebumen,Okay Pantai menganti akan saya bahas pada postingan kali ini.Cerita berawal ketika 2 teman saya yang mau berkunjung ke rumah saya di Kebumen dan ketika itu langsung terbersit dipikiran saya kalau kedua teman saya ini harus diajak ke Pantai yang digadang-gadang mirip kaya lokasi syuting film The Lord of the Receh,,eh salah yang bener The Lord Of the Rings di Selandia Baru.

Pantai Menganti sendiri terletak di sebelah barat daya Kabupaten Kebumen tepatnya di kecamatan Ayah dari pusat kota Kebumen memakan waktu 1 jam.Oke dikisahkan dari awal persiapan perjalanan untuk menganti dimulai pukul 09.00 WIB dengan titik poin kumpul pertama di rumah saya dengan menunggu dualagi teman bernama Sigit dan Rio.Nama terakhir adalah tetangga saya yang akan jadi sopir untuk semua rombongan yang akan ikut.Titik poin kedua kumpul di Alun-alun Kebumen untuk menunggu teman satu lagi dari Prembun Fitri.Menunggu Fitri lumayan lama tanpa tak disengaja saya bertemu dengan rekan sejawat satu SMA dulu bernama Puput,,spontan deh diajak lah si Puput untuk ikut walaupun pada awalnya agak ragu dan takut karena akses jalan yang sulit kesana akhirnya si Puput pun ikut rombongan dengan berboncenga dengan temannya.Dan fix kita berangkat pukul 10.30 dari start poin alun-alun Kebumen dengan menjemput satu lagi teman bernama syamsul.

Untuk bisa berkunjung ke pantai Menganti anda harus mempunyai sikap mental yang kuat untuk melewati medan yang akan ditempuh dan kondisi kendaraan yang prima.Jangan coba-coba deh make vespa kalau mau melihat keelokan pantai ini.Bakal gosong deh mesin vespa ente kalo nekat lewati medan ini.perlu diketahui kemiringan akses jalan untuk menuju ke Pantai Menganti paling miring menurut estimasi saya sekitar yaa 45 derajatan kali ya,,,ya kalo salah maklum,pokoknya miring deh.Kalau menggunakan kendaraan roda 2 disarankan menggunakan matik atau motor laki kalau berboncengan.Tapi kalau motor matik punya kelemahan ketika turun,kenapa,,karena rem hanya mengandalkan rem berbeda kalau motor laki atau bebek yang untuk pengereman bisa 'dibantu" dengan kopling dan gigi.Tau kan maksud kalimat saya,,,intinya adalah persiapkan betul-betul kendaraan anda dan mental yang mau mengendarai motornya.

Sebelum masuk pintu gerbang pantai menganti rombongan kami disuguhkan dengan panorama yang luar biasa indah.Dari atas bukit kita bisa melihat hamparan luas birunya air laut samudara hindia.Anda bisa beristirahat terlebih dahulu di warung yang ada di titik point tersebut.Setelah itu kami pun turun ke pantai dan melewati pintu gerbang dengan membayar uang masuk Rp.5000 per orang sudah dengan parkir.Setalah sampai di pantai kami berjalan-jalan ke bukit untuk melihat pemandangan yang lebih eksotis.Kami berjalan menuju ke bukit yang terdapat mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1912-1915 dengan ketinggian sekitar 20 M namun tak boleh untuk dinaiki,,kalo anda nekad naik akan di peringatkan oleh petugas pantai.

Ohh iyaa ada info kalau pantai menganti ini sebenarnya belum dikelola oleh pemerintah sampai artikel ini diposting.Ketika itu saya mewawancarai petugas pantai yang bertugas kalau 70 % pendapatan dan pengelolaan oleh desa setempat sedangkan 30 % oleh Perhutani.Sebenarnya ketika SMA dulu saya pernah 2 kali ke pantai ini namun sekarang berbeda jauh kondisinya dulu masuk tinggal masuk tanpa bayar dan masih sepi karena perlu diketahui juga pantai ini dulunya hanya persinggahan kapan nelayan dan TPI.Namun sekarang kondisi jauh berbeda dengan dimulainya pembangunan pelebaran jala di pantai Menganti pemasangan lampu.

Gazebo Pantai Menganti Kebumen
10.000 sepuasnya

Lanjut lagi di sekitar bukit yang akan menuju mercusuar ada juga lo penginapan yang bisa disewa.Untuk harga tergantung yang akan menginap karena perhitungan sewa dihitung berdasarkan air.Wawancara sedikit dengan petugas pantai kalau cari airnya emang yang susah biaya estimasi utuk semalam sekitar Rp.300.000 untuk 3 orang.Biaya bisa bertambah jika orang yang menginap bertambah.Selain penginapan jangan khawatir kepanasan kalau mau menikmati pemandangan birunya samudara hindia karena di bukit tersedia gazebo-gazebo yang bisa disewa Rp.10.000 sepuasnya.Disarankan menurut saya berkunjung di sore hari karena anda bisa menikmati sunsetnya Samudra Hindia.

sunset di Pantai Menganti

Oke gitu sekilas tulisan postingan saya tentang perjalanan saya ke secret paradise  yang ada di Kabupaten Kebumen Panta Menganti.Semoga bermanfaat.Salam jalan-jalan.