Sunday 18 March 2012

Produk Indonesia yang Mendunia

03:59



Banyak orang-orang di Indonesia yang meremehkan produknya sendiri dan lebih bangga menggunakan produk dari luar negeri.Tetapi sesungguhnya ada bahkan banyak produk Indonesia yang mendunia,Dan mungkin anda sebelumnya mengira bahwa produk-produk ini adalah buatan luar negeri.berikut produk Indonesia yang telah mendunia.

1.Sepeda Polygon

Sejak didirika pada tahun 1989.PT Insera Sena,produsen sepeda polygon merupakan pembuat dan perakit sepeda untuk konsumsi luar negeri.Pada 1991,IS mulai memproduksi sepeda bermerek polygon,dan sepuluh tahun kemudian mengekspornya ke beberapa negara seperti Singapura,Malaysia,dan 2 tahun terakhir di ekspor ke Australia.Dari seluruh unit sepeda yang diproduksi 30 % menggunakan merk polygon.dari 30% tersebut,20% untuk pasar lokal 10% untuk pasar luar negeri terutama untuk jenis sepeda mountain bike cosmiq dan collosus.


2.Indomie Goreng

Sekalipun mie instan bukanlah makanan yang baik untuk tubuh dan baru bisa dicerna oleh tubuh kita selama satu minggu.Setidaknya kita patut bangga kepada salah satu produsen mie instan kita,yaitu Indomie.Karena produk ini mampu tembus luar negeri.Bukan hanya lidah orang Indonesia saja yang doyan makan indomie,tetapi negara tetangga seperti Brunei,Singapura,dan Malaysia.Bahkan negara yang jauh dari Indonesia yaitu Nigeria pun tidak mau kalah untuk makan indomie,lihat gambar disamping,sebuah baliho besar yang berisi iklan Indomie Goreng.Di negeri asal mie di China.Hampir di semua supermarket di China dan Hongkong menjual indomie goreng ini.Maka tidak heran kalau Indomie di juluki sebagai salah satu produsen mie instan terbesar di dunia.

3.Radix Guitar

ide awalnya simpel tidak ada gitar professional buatan Indonesia yang layak digunakan dalam show internasional. Namun pemikiran itu terus bergema di kepala Toien Bernadhie, sampai akhirnya mendirikan Radix Guitar. Berbekal bahan baku yang sebagian besar lokal, Toien mengurusi pemasaran dan distribusi sendiri ke negara-negara seperti Swedia Denmark, Inggris, Yunani, Swis, Canada, Australia, Singapura dan Malaysia. Untuk menarik pembeli, Toien memberi tip: buatlah 1 produk yang desainnya disesuaikan dengan content dan budaya buyer internasional. Misalnya, dicantumkan slogan ,carefully handcrafted individually seleted dan personally inspected. 









4.Extra Joss
Energi Asli Indonesia Untuk pasar dalam negeri, Extra Joss merupakan fenomena minuman berenergi.PT Bintang Toedjoeh selaku produsen telah mengekspor Extra Joss ke Filipina, Malaysia dan Vietnam. Extra Joss bahkan menguasai 80 persen pasar minuman energy di Filipina. Sementara di Malaysia, meskipun menjadi new comer lantaran baru masuk ke negara itu pada 2007, penjualannya telah mencapai 100 ribu dolar AS per bulan . Sedangkan di Vietnam penjualannya mencapai Rp 2 miliar pertahun 



5.Kopi Kapal Api

Dijamin, tak bakalan ada penikmat kopi di Indonesia yang tidak kenal Kopi Kapal Api. Didirikan pada tahun 1927 dari
sebuah usaha keluarga, merek kopi ini sempat mencatat sejarah sebagai produk Indonesia pertama yang beriklan di telivisi. Brand `Kapal Api’, oleh pendirinya, Go Soe Loet, dipilih lantaran menjadi symbol kemapanan dan luxury di era tahun 1920-an. Kini PT. Santos Jaya Abadi telah memiliki 5 brand kopi dipasaran, serta diversifikasi usaha lewat Kafe Excelso dan CafĂ© Grazia. Selain itu, kenikmatan Kopi Kapal Api juga dapat dinikmati di Malaysia,Myanmar, juga di China. 

6.Baterai ABC

Ejaan yang Mendunia Di tengah gempuran produk baterai merek luar negeri, baterai ABC masih melenggang menguasai hampir setengah pasar domestik, baik untuk baterai jenis alkaline maupun carbon zinc. Produk PT International Chemical Industry, telah diekspor ke sekitar 50 negara, dengan berbagai merek, kecuali di Australia dan beberapa negara lain yang menggunakan merek ABC atau Alkaline



0 comments

Powered by Blogger.

Translate