LAPORAN KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
Karya Ilmiah ini disusun sebagai salah satu Tugas Individu
LINGKUNGAN
BISNIS
Dosen
Pembimbing
Prof.Dr.Supriyoko Prof.Dr.HR.Wasito Prof.Dr.chmamah Dr.Mudzakkir Prof.Dr.Sukandarrumidi Prof.Dr.M.Suyanto Dr.Abidirin rosidi,M.MA
Disusun Oleh :
Nama : RAHARDI JURNALIS KINTOKO
Kelompok : J
Kelas
: 11.S1SI.11
NIM : 11.12.6159
STMIK AMIKOM YOGJAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat
rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan
Karya ilmiah
ini dengan judul “Usaha Kuliner katering”.Tugas ini
dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas
Lingkungan Bisnis STMIK AMIKOM
YOGJAKARTA.
Sesuai dengan tugas ini
mengulas tentang bagaimana sebuah bisnis jika ditekuni dan
diamalkan dengan baik maka akan menjadi sebuah bisnis yang banyak menguntungkan
dari segi Ekonomi maupun Nonekonomi
Kami menyadari bahwa
makalah ini masih memiliki kekurangan, oleh sebab itu kami akan sangat bertetima kasih sekirahnya mendapatkan
masukan-masukan untuk penyempurnaannya, terutama kami sangat berharap sumbang saran dari Bapak/Ibu
pengampu Lingkungan Bisnis. Atas masukan- masukannya kami ucapkan
terima kasih.
Yogjakarta,……………….
Penulis
ABSTRAK
Semua orang sebenarnya bisa
menjadi enterpreneur atau pengusaha tergantung dari besarnya niat dan tekad
dari orang tersebut.Banyak keuntungan dengan menjadi seorang pengusaha seperti
kebebasan dalam bekerja atau tidak terikat oleh waktu selain itu seorang
pengusaha juga mempunyai rasa bangga pada diri sendiri karena bisa membuat lapangan
kerja sendiri atau mempekerjakan orang
lain.Untuk menjadi pengusaha yang baik diperlukan sikap mental yang
positif.Sikap mental positif merupakan salah satu dari jiwa enterpreneur yang
menonjol.Setiap pengusaha juga harus mempunyai visi-misi yang jelas pada usaha
yang akan dijalankan.Di sampin itu berdo’a adalah hal yang harus terus menerus
dilakukan oleh seorang yang akan melakukan usaha dan yang menjalankan usaha.Dalam
berbisnis atau berwira usaha kita juga dituntut untuk kreatif dan berani beda
dengan yang lain walaupun itu bisnis yang menjamur kita harus tetap mempunyai
perbedaan dan ciri khas dengan cara-cara berbisnis kita,tidak terpaku dengan
dengan cara bisnis yang sudah menjamur.Dari materi semester 1 lingkungan bisnis
terdapat 4 macam enterpreneur pertama Bussines enterpreneur,Government enterpreneur,Social enterpreneur,dan juga
Academic Enterpreneur.Di tugas ini saya akan menulis tentang Bussines
Enterpreneur.Peluang Bisnis yang akan saya tulis adalah bisnis kuliner.Karena
bisnis ini tidak akan mati,karena makanan adalah urusan perut dan saya yakin
bisnis kuliner akan terus maju dengan pesat.Bisa mulai dari warung
kecil-kecilan seperti Warteg,Burjo,Angkringan hingga tempat yang menyajikan
masakan-masakan luar negeri yang serba mahal.Sudah banyak bisnis kuliner yang
melegenda seperti di Indonesia contohnya Ayam Goreng Ny Suharti,Ayam bakar wong
Solo dan lain-lain.Contoh dari luar negeri KFC,MC Donald,Pizza Hut dan
lain-lain.Selain itu juga bisnis kuliner
yang berbasis pesanan seperti Katering.Di dalam karya ilmiah ini saya akan
mencoba menulis tentang kuliner katering dan warung makan sederhana.
ISI
Mengelola
bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah banyak kendala-kendala ynag harus di
lalui banyak bisnis kuliner.Seperti
kurangnya promosi,pelayanan pada konsumen yang tidak memuaskan dan lain-lain.Bisnis
kuliner pun ada beberapa cabang atau jenis seperti warung makan yang hanya
menyediakan makanan berupa nasi rames dan aneka gorengan selain itu ada juga
bisnis katering yang merupakan salah
satu bentuk usaha dari industri jasa (HospitalityIndustry), dimana produk
utamanya adalah penjualan makanan dan minuman dengan pelayanan jasa lainnya
yang berorientasi pada kepuasan konsumen.Target Pasar dari usaha kuliner
katering adalah para konsumen yang sedang melakukan hajatan seperti
pernikahan,sunatan dan juga acara informal lain yang membutuhkan pesanan
makanan cukup banyak. Pada pengelolaan usahanya, katering menangani penyediaan
makanan dan minuman di tempat dimana produk usaha itu diselenggarakan ( In-side catering) atau produk makanan dan
minuman di bawa ke luar tempat produksinya ( out-side catering). Penanganan
tersebut mencakup dua aspek yaitu aspek pertama berkaitan dengan penyediaan makanan dan minuman yang memenuhi
harapan konsumen yang bersih dan enak pastinya
kualitas produk dilihat dari sisi
organoleptik dan visual, keamanan , kenyamanan, jumlah yang sesuai dengan
pesanan, ketepatan waktu, dan harga yang relatif terjangkau bagi konsumennya.Di
bisnis katering ketepatan waktu adalah hal yang penting di samping makanan yang
bersih dan baru karena jika pengusaha katering tidak bisa menyelesaikan pesanan
konsumen dengan tepat waktu akan berpengaruh dengan kepercayaan para calon
kknsumen ke depannya. Aspek kedua berkaitan dengan penjualan makanan dan
minuman produk usaha
katering.Penanganan usaha jasa katering ada yang berada di bawah koordinasi perusahaan tertentu, hotel
atau organisasi sejenis, sehingga menjadi bagian yang selama ini populer dengan divisi
food and beverage di bawah manajemen tingkat menengah atau manajemen operasi lembaga bersangkutan. Ada juga usaha jasa
katering yang berdiri sendiri - independent - bukan merupakan bagian dari satu unit
usaha lembaga tertentu.Pada dasasarnya penggorganisasian tersebut tidak memberikan perbedaan yang prinsip 2 sebab
merupakan bagian dari pendekatan manajemen untuk menjalankan BASIC NEEDS
Promosi
Untuk
promosi usaha ini yang paling mudah adalah dari mulut ke mulut karena promosi
seperti ini tidak memerlukan biaya terlalu banyak.Pembuatan brosur juga perlu
dilakukan selain itu karena sekarang zaman digital dan informasi serba
cepat promosi di internet sangat
diperlukan dengan membagi alamat blog usaha katering anda ke teman-teman
facebook.Pastikan dalam iklan yang anda buatlah informasi yang sejelas mungkin
seperti nomer telepon agen pemesanan,alamat lengkap perusahaan anda.
Referensi :
Ø M.Suyanto,2011,Everyone can become a
successful enterpreneur,Andi,Yogyakarta.
0 comments