Thursday 12 April 2012

Makna Lagu Imagine "John Lennon"

08:58

John Lennon





Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang arti atau makna lagu dari John Lennon yaitu Imagine.Lagu yang pada tahun 2004 oleh majalah Roolingstone dipilih sebagai lagu ketiga terbaik sepanjang masa.

Mantan presiden AS Jimmy Carter bahkan mengatakan "Di banyak negara di seluruh dunia-saya dan istri saya telah mengunjungi sekitar 125 negara-kita dapat mendengar lagu imagine hampir sama seringnya dengan lagu kebangsaan".

Saya yakin anda sangat familiar dengan lagu milik john lennon ini.Lagu yang terasa sejuk bila di dengarkan dan juga salah satu lagu yang membuat saya merinding ketika mendengarnya.

Tapi taukah anda makna yang terkandung dalam lagu ini.Banyak orang yang mengartikan lagu ini adalah lagu yang anti agama yang terlihat pada lirik "and no religion too".sama artinya dengan meniadakan agama.Meskipun tidak tegas maknanya.Dia menghendaki kita menjadi atheis dan menyokong hidup kita sendiri antar umat manusia sehingga kita bisa saling mengasihi,namun tanpa adanya Tuhan.

Makna lain dia telah melihat bahwa bukan ajaran agama yang buruk melainkan agama telah dijadikan kedok dan tameng untuk menjalankan peperangan.Mungkin boleh jadi dia sangat prihatin bahkan kesal dengan konflik-konflik yang mengatas namakan agama.

Lirik "and no religion true" pernah diganti oleh salah satu penyanyi berkulit hitam bernama  Cee Lo Green ketika di nyanyikan pada malam tahun baru di New York Square,lirik ini diganti dengan "and all religion true".

Mungkin dia bermaksud untuk memperhalus makna liriknya,maksud hati memperhalus tapi banyak penggemar john lennon yang protes dan menghujat penyanyi tersebut.

Lagu ini juga bisa bermakna pluralisme itu te terlihat pada lirik "Nothing to Kill or die for Living in peace".Memiliki semangat humanisme universal. Sama seperti halnua dengan semangat "LC"dan "RC",organisasi bentukan freemasonry,yang didedikasikan untuk dunia kemanusiaan,tanpa membedakan suku,agama,dan ras.

Makna PLuralisme juga terdapat pada lirik "No need for greed or hunger"."A brotherhood of man"."Imagine all the people"."Sharing all the world".And the world will be as one.Membangun semangat persaudaraan untuk membentuk suatu dunia yang satu tanpa membedakan apapun.

Tetapi intinya saya memaknai lagu ini untuk menciptakan ketentraman dan kedamaiaan di dunia cuman filosofi dari john lennon aja yang ekstrim.Semua itu terserah pada anda bagaimana anda memaknai lagu imagine milik john lennon ini.Tapi kembali lagi ke sifat umum sebuah lagu yaitu "MENGHIBUR".

Lirik Imagine-John Lennon

Imagine there's no Heaven
It's easy if you try
No hell bellow us
Above us only sky
Imagine all the people
Living for today

Imagine there's no country
It isn't hard to do
Nothing to kill or die for
And no religion too
Imagine all the people
Living life in peace

you may say that I'm a dreamer
But I'm not the one only
I hope someday you'll join us
And the world will be as one

Imagine no possesions
I wonder if you can
No need for greed or hunger
A brotherhood of man
Imagine all the people
Sharing all the world

you may say that I'm a dreamer
But I'm not the one only
I hope someday you'll join us
And the world will be as one





6 Comments

  1. terdapat makna cosmopolisme didalamnya.

    ReplyDelete
  2. Ya lagu pd dasarnya menghibur, dan John Lenon dg lagunya telah berada pada tempat yg di andaikan nya,tiada negara, dan tiada agama, bersama, bersatu di tempat abadi alam kematian

    ReplyDelete
  3. Jadi jangan pikir kedamaian dunia akan terwujud saat manusia menyingkirkan sentimen sentimen agama ras suku maupun golongan .

    ReplyDelete
  4. maaf saya berfikir mimpi seperti itu mustahil terjadi ALLAH SWT telah menciptakan segala hal itu selalu berpasangan ada siang ada malam ,ada laki laki ada wanita ,ada surga ada neraka, ada perang ada damai ada baik ada buruk , ada yg serakah ada yg suka berderma , ada musuh ada kawan dan seterusnya. jangan dipikirkan ALLAH sudah mengatur semuanya . anda mau siang terus kah ? tak ada malam .atau malam terus tak ada siang
    oleh sebab itu ALLAH mengutus nabi/rasul untuk meluruskan jalan Anda ke jalan yg diridhoi,yaitu jalan yg lurus (baik)kehidupan sehari hari saja kita belajar tentu ada ujian .kita diberi pelajaran kekayaan tentu itu ujian , kita miskin itu ujian , kita sakit pun ujian .agar kita masuk surga jika anda sabar , maaf kalau salah ini pendapat pribadi ,lagu ini hanya hiburan bisa berlalu . kan hanya mimpi bukan kenyataan

    ReplyDelete
  5. Lagu ini menceritakan tentang New World Order yaitu manusia dijadikan budak oleh iblis dan zionis coba lihat lirik tentang "imagine's there's no country" dan "and no relligion too itulah 10 cita cita tertinggi zionis Yahudi internasional

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Translate